Senin, 28 November 2011

Susutnya Lapisan Es di Gunung Jayawijaya

Lapisan Es Di Puncak Gunung Jaya Wijaya Susut 90 Persen
(Vibizdaily-Nasional) Dampak perubahan iklim benar-benar terlihat di puncak Gunung Jaya Wijaya, Papua. Lapisan es yang berada di puncak salah satu daru 7 gunung tertinggi di dunia tersebut saat ini sudah susut hingga 90 persen.

Fakta buruk itu ditemukan oleh Tim? Ekspedisi 7 Puncak Dunia (7 Summits Expedition) dari Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung Wanadri. Tim berhasil mendaki puncak yang oleh masyarakat setempat disebut Ndugu-ndugu itu pada 22 April lalu.

Ketua Umum Wanadri, Jendral (Purn) Endriartono Sutarto mengatakan, dahulu lapisan es di puncak gunung tertinggi di Asia itu (4.884 mdpl) seluas 20 Km per segi. Namun, berdasarkan pemantauan terakhir tim Wanadri, lapisan es tersebut kini tinggal 2 Km per segi.

"Jadi penyusutannya banyak, hampir 90 persen. Ini menunjukkan bahwa memang di bumi ini telah terjadi global warming," ungkap Endriartono di Kantor Wapres, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (21/7/2010).

Menurut mantan Panglima TNI ini, fakta lain dari pemanasan global juga dapat dirasakan dengan adanya pergeseran musim. Seharusnya, pada bulan Juli ini, Indonesia telah masuk musim kemarau. Namun kenyataannya hingga kini hujan lebat dan angin kencang masih saja terjadi.

"Kita rasakan sekarang adanya perubahan iklim. Juli ini seharusnya sudah masuk kemarau, tapi kita masih merasakan hujan yang cukup lebat," katanya.

Tim 7 Summits Expedition akan mendaki Gunung Kalimanjaro di Tazmania dan Gunung Elbrus di Rusia mulai 28 Juli 2010. Setelah itu ada 4 puncak gunung lain juga akan didaki sampai 2012, yakni Aconcagua (Argentina), Denali atau Mc Kinley (Alaska), Vinson Massif (Antartika), Sagarmata atau Everest (Nepal/China).

Anggota tim pendaki terdiri dari 5 laki-laki dan 1 perempuan. Mereka adalah Ardeshir Yaftebbi asal Aceh, Iwan Irawan (Bandung), Martin Rimbawan (Bandung), Fajri Al Lufthi (Bandung), Nurhuda (Tangerang), dan Gina Afriani (Sumedang).

0 komentar:

Posting Komentar